-->

Cara membetulkan bug menggunakan backup source

Untuk membetulkan bug pada program, biasanya kita melakukan trace pada source program dengan memasang break point dan meneliti (watch) isi variabel yang digunakan, serta isi tabel yang bersangkutan.

Berbagai cara bisa digunakan untuk mencari penyebab bug pada program. Akan tetapi, apabila segala sesuatu cara pencarian bug tidak memberikan hasil, maka cara yang bisa ditempuh dengan metode trace back backup source code kita.
Tentunya harus ada backup source code yang cukup banyak untuk membandingkan backup source per hari yang lalu

1. restore sourcebackup lama, dicoba gunakan source code tersebut satu persatu dan dicari sejak kapan mulai source code tersebut muncul bug / error.
Tujuannya, kita cari 2 source code yang berbeda (1 dengan bug, 1 tidak ada bug)

2. Cari tahu file apa saja yang berbeda / ada perubahan antara kumpulan backup 2 source code tadi.
Perbedaan sederhana bisa dilihat dari date modified masing-masing file

3. Dari sekian banyak File yang berbeda, coba dicopy satu persatu sehingga dan dicoba compile.File source apa yang mengakibatkan bug tadi pasti akan ditemukan.


4. Setelah tahu file yang mengakibatkan bug tadi, compare 2 file source tadi dengan dos command -> "fc file1 file2 > beda.txt"
Bandingkan apa yang berbeda, dan coba lakukan perbaikan untuk baris perintah yang berbeda tadi sehingga pasti ditemukan kesalahan pada baris perintah yang mana.

Apabila sudah menemukan file dan baris perintah yang mengakibatkan bug tersebut, maka seharusnya kita sudah bisa memperbaiki error yang terjadi.

Sabar dan jangan panik saat menemukan bug pada program yang kita buat, berusaha membagi dan memperkecil range / jangkauan masalah supaya bisa menemukan titik permasalahannya.

Happy Coding !

0 Response to "Cara membetulkan bug menggunakan backup source"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel